SEO Itu Nggak Penting !

Rekan pembaca yang budiman, ternyata ilmu SEO yang banyak dipelajari dan digunakan orang itu nggak penting, dalam hal ini saya khusukan bagi internet marketer yang mana memang SEO menjadi salah satu “kendaraan” marketing mereka.

Lho kok bisa nggak penting ?

Eits tenang dulu, jangan terburu menjustifikasi ya..

Jadi maksud saya begini, seperti kita ketahui bahwa tujuan utama SEO bagi internet marketer adalah terjadinya penjualan yang berarti menuntut web mereka bisa berada di urutan terdepan hasil pencarian di  search engine pada keyword yang dibidik.

Karena dengan berada di halaman terdepan membuat web mereka akan dikunjungi pengunjung yang tertarget yang intinya adalah bisa menjadi GOAL.

SEO memang menjadi salah satu cara favorite internet marketer terutama untuk jangka panjang yang tentunya membutuhkan kesabaran untuk melakukannya yakni dengan menjadikan mesin pencari seperti Google sebagai pelayan marketing mereka.

Menjadi tidak penting bagi marketer karena  “seolah-olah”  SEO dianggap satu-satunya metode untuk bisa mendatangkan kunjungan yang memang merupakan suatu cara mencari uang di internet.

Karena sesungguhnya masih banyak cara untuk bisa medatangkan penjualan melaui internet seperti pasang iklan di web iklan baris yang memang ramai, bisa juga dengan menggunakan autoresponder atau bisa juga dengan joint venture dengan marketer lain.

Selain itu SEO menjadi nggak penting bagi mereka yang memegang prinsip show me the money dalam artian mereka yang menginginkan cara instant mendapatkan penjualan (penghasilan). Metode ini tidak penting (tepat) bagi mereka karena SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan butuh kesabaran dalam menjalankannya.

SEO juga menjadi tidak penting kalau tidak bisa mendatangkan penjualan, biasanya marketer seperti ini jago mengoptimasi web, tapi sayang dia tidak jago dalam menjual, mungkin karena faktor konversi kurang atau sebagainya.

Contoh terkakhir SEO nggak penting adalah ketika saya mengikuti sebuah kontes affiliate marketing dengan hadiah total 3.000.000, dimana yang diperhitungkan adalah total nilai penjualan.

Seandainya saja saya menggunakan teknik SEO, pasti saya nggak bisa mendatangkan penjualan dengan cepat karena SEO memang butuh waktu apalagi kontes tersebut memiliki waktu yang sangat terbatas, padahal pada kenyataannya saya bisa menjual cepat ke beberapa klien hanya dengan hitungan hari bahkan jam saja.

Itulah sebabnya teknik SEO bisa menjadi tidak penting jikalau masih ada faktor-faktor sebagaimana disebutkan diatas.

Padahal sebenarnya SEO merupakan teknik marketing yang cukup ampuh untuk mendatangkan penjualan khususnya bagi mereka yang menginginkan penghasilan awet dan sabar dalam menjalankannya.

Karena bagi sebagian orang termasuk saya pribadi SEO bukan hanya sekedar mengoptimasi web saja, tapi juga merupakan sebuah seni yang sangat erat kaitannya dalam semua sendi kehidupan mulai dari  kedisiplinan, ketekunan, kerja keras  hingga kesabaran.